Menjelajahi Bromo dengan si Emak (Motor Matic)

by - 23.35

Hai Guys...

Masih dalam satu perjalanan dengan perjalanan sebelumnya..setelah saya sampe malem di Museum Angkut Movie Star saya pun menginap di.....kasih tahu ga ya..hahaha..okee saya jujur demi irit saya tidur di mushola (lagi) nah paginya setelah saya siap saya langsung cus mau pergi ke Bromo...dengan pengetahuan yang seadanya...saya bertekad pokoknya harus ke Bromo (padahal saya agak takut dan bingung...) ya iyalahh guyss ini Bromo lohh secara itu gunung..jadi inget jaman SMA ikut pecinta Alam..naik gunung aja cuma sekali dan itupun udah engap..tapi udah terlanjur jadi bucketlist jadi harus dijalanin..kalo ga saya bakalan penasaran terus,,hehheee

Seperti biasa sebelum memulai apapun..sarapan itu penting guys..jadi sepanjang jalan saya mencari soto (makanan favorit pencegah masuk angin ne mah) dan sesuai insting saya berhenti dipinggir jalan pas liat gerobak soto dengan bapak Tua sebagai penjualnya...kalo udah baca postingan saya sebelumnya pasti tahu dong kalo saya hobbi nanya sama penjual makanan..hahhaa...nahh pas disini ada mas-mas yang keliatan sebagai mahasiswa ne yang lagi beli soto juga,,,akhirnya dengan takut-takut pede (apa coba istilah ini artinya..ckckkc) saya tanya ke mas tersebut dan untungnya mas tersebut tahu jalan yang bisa bikin perjalanan jadi lebih cepet..nahh pas mas tersebut jelasin bapak tua penjual soto juga pengen bantuin jelasin...bapak itu mungkin kasihan ama saya yang mau pergi seorang diri, padahal baru ketemu tapi bapak itu udah kayak bapak saya aja yang takut anaknya kenapa-kenapa..nah niat bapak itu sih bantu jelasin ehh tapi si bapak dan mas tersebut malah jadi debat...hahaha....dan saya merasa bingung,...hahhaha saya sihhh nahan ketawa aja..beneran dehhh lucu banget liat ekspresi masnya pas nahan emosi...tapi saya juga salut dengan pak tua yang dengan semangatnya ngasih tahu tentang jalur yang harus saya tempuh...endingnya saya iyain aja..dan saya cukup jelas dengan info dari mereka...(iyain aja pokoknya mahhhh) dan sebelum pergi saya makan soto dulu dong..dan beneran dehh enakk....ahh tuhh kenapa saya selalu pilih makanan dipinggir jalan selain enak pasti juga murahh dan bisa asik ngobrol..ahh pokoknya saya berdoa bapak tua tersebut sehat selalu. amin

Perjalanan berbekal tanya sina-sini pun dimulai, tapi entah emank penjelasan bapak itu yang cihuy apa insting saya tentang jalan yang semakin berkembang saya bisa menuju Bromo tanpa kesasar sama sekali..yeeeyyyy....oh ya dijalan sebelum masuk desa yang udah ada tulisan Bromonya saya langung ngefull tank in bensin motor saya...karena dari hawa-hawanya ga akan ada SPBU di dalam perjalanan saya ke depannya..dan beneran ga ada...hahhaa...tuhh bener ya semakin sering kita jalan semakin banyak insting yang berkembang..wkkwkwk.

Perjalanan berlanjut sekitar 2-3 jam sampe akhirnya saya tiba di pintu masuk Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru..tahu ga perasaan saya keg mana waktu itu..wahh dag-dig-dug ga jelas pemirsahhh..secara saya pake motor matic dengan segala peralatan hidup saya di dalamnya...saya cuma mikir ini beneran bakalan bisa saya jalanin apa ga ya..hadeuuhh nanti kalo kejadian sesuatu di jalan gimana..ahh campur aduk dehhh...secara saya seorang diri dan ga tahu apa-apa cuma modal nekad aja..hahahhaha...setelah bayar tiket masuk dan bertanya tentang kepastian tentang apakah motor matic bisa masuk dan bapak penjaga tiket jawab bisa saya pun memulai perjalanan...

Dari pintu masuk menuju Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memerlukan waktu kurleb 1jam lahh. Saya juga bertanya tentang bisa enggaknya motor matic masuk (masih ga yakin)...nahh saya tanya ke rombongan yang baru aja keluar...dan mereka kaget waktu tahu saya cuma seorang diri...hahaha...salut banget pokoknya...dan mereka kasih tahu sebenernya udah ga baik masuk dengan motor matic karena di dalam debu sudah semakin menumpuk dan bilang tadi ada motor yang terjebak dalam debu dan ga bisa keluar dari tumpukan debu. (hadeuuh dalam hati bilang debu apaan lagi ini..beneran dehh ga ada gambaran sama sekali) jadi takut dehh mau masukk dan mikir apa ga jadi aja ya..terus saya masih penasaran dan tanya ama bapak-bapak dengan dandanan kayak penjaga vila...si bapak malah nawarin untuk nganterin saya biar bisa tahu jalan yang bener yang ga berdebu dengan bayaran 100k apa 150k ya pokoknya bagi saya itu mahal...wkwkwkkw (wahhh dalam hati mikir lagi ne tempat kayaknya serem amat ya..jadi serem lagii dehh...) tapi apa boleh buat udah telanjur basah sekalian basah aja..(apa sihh) and let's begin my trip.

kembali ke motor saya pun nekad turun ke bawah..dan dalam perjalanan turun ke bawah yang cuma cukup dengan satu mobil aja saya harus hati-hati sekali dan bersaing dengan para hard trop yang jadi kendaraan umum disini...dengan cuek saya menjelajahi dan puji Tuhan pemandangannya seru banget...aslik ini belum sampe aja udah indah banget..gimana nanti disananya ya..hahhaha hilang dehh semua rasa takut. Setelah perjalanan yang ga lama akhirnya saya sampe dan OMG beneran dehh berasa kayak lagi bukan di Indonesia,..wooowww beneran dehh keren banget...dan saya langsung beraksi dengan foto-foto dan sayangnya saya harus capek ngatur2 tongsis saya biar bisa berdiri dicagak pake tas..(usaha banget harus bisa dapet foto yang ada sayanya..hahhaha) akhirnya saya bolak balik lari-lari dehh abis timer 10 detik langsung lari dan bergaya..olahraga bener dahh.

dag-dig-dug-dag-di-dig



biaya yang kudu kamu bayar kalo mau masuk kawasan BST ini liat dehhh aling murah naek kuda tuhh..



pengennya sihh foto ala-ala di atas mobil ini..apa daya cuma bisa liat dari jauh..malu juga mau minta tolong difotoin disini secara saya ga sewa hardtop ini..hiksss jadi cuma liat dari jauh aja.

ini dia tempat pertama saya ambil foto...keren ya...

beraksi lagi pokoknya bolak balik ngatur timer...jadi maklum kalo fotonya ga jelas...hahhaha
kawasan tempat pertama saya ambil foto beneran indah banget..dan meski waktu menunjukkan pukul 11 siang waktu saya cuek aja foto-foto...dalam hati bodo amat item..udah jauh-jauh kesini belum tentu bisa lagi..lagian kalo emank ga mau item mending ga usah kemana-mana aja sekalian..hehhee..jadi dengan modal tongsis dan timer saya berusaha dapat banyak foto sebanyak-banyaknya..nahh lagi asik-asik nya foto ada kumpulan bapak-bapak yang naek sepeda mau foto juga di spot saya...dan mereka ngakak aja liat saya yang bolak-balik lari atur timer dan bergaya foto dengan bantuan tongsis dicagak tas. mungkin karena penasaran akhirnya salah satu dari bapak tersebut ada yang bertanya bahkan menawarkan bantuan untuk memotretkan saya...dan mereka kaget banget waktu tahu kalo saya seorang diri pake motor dari Jawa Tengah...hahhaha...mereka beneran shock dan ga nyangka banget..hahahhaha...gimana ga shocklahh saya aja masih ga percaya saya bisa seorang diri keg gini...akhir kami pun foto bersama pake tripod (tongsis jadi-jadian) tapi saya ga tahu itu foto kemana jadi foto yang ada aja ya..dan sebelum mereka pergi mereka mendoakan saya untuk sampe selamat di tempat yang akan saya tuju. (tuhh dapat doa lagi kan, senengnya).

ahhh ga tahu foto yang sama sayanya kemana...hiksss

hayooo berapa detik yang saya perlukan untuk bisa berlari sejauh itu..hahahha

capekk adek bang bolak balik larii

what a beautiful scene!
Di depan spot yang sebelumnya pemandanganya juga ga kalah bagus dan banyak dipake orang untuk foto-foto dan setelah sepi giliran saya deh foto di spot ini dan tahu ga pas saya lagi asik foto dengan bantuan tripod jadi-jadian saya ternyata diketawain segerombolan anak muda yang lagi jalan-jalan juga,..mereka geli sendiri liat saya bolak-balik lari setelah pasang timer...dalam hati...yaowohhh segitunya amat..tapi saya mahh sebodo teing..ga kenal ini mahhh...wkakkwkkkw
ciyeeee yang foto pake tongsis dicagak tas....hahhahaha

yesss bisa foto ala-ala model galau

panas euuyy

Puas foto-foto (ga tahu udah berapa lama saya di daerah ini) saya pun melanjutkan perjalanan menuju bukit telletubbies..ya disebut bukit telletubbies karena penampakannya mirip dengan bukit telletubbies yang kita liat di TV jaman saya masih SMP..hehhehee dan karena udah panas banget saya mau cari minum karena memang ada warung di situ tapi ya Tuhan,,ternyata minumannya udah ga ada..omaigatttt...nyesel saya kenapa ga bawa minum..hiksss...hiksss (tips ke Bromo yang super panas bawaalah minum dari luar karena di dalam kadang air udah abis). oh ya dalam perjalanan saya menuju bukit telletubies ini saya bermasalah dengan tumpukan debu yang udah menutupi jalan (disini saya baru ngehhh...ini dia yang disebut dengan debu..huuftt).

welcom to teletubbies hill..

woowww kalo kata orang korea mahh daebakkk

yang mau prewedding disini cungggg angkat tangan..hehhehehe

Selain saya ternyata banyak banget orang yang juga sedang berlibur kesini,,,tapi untungnya ga banyak-banyak amat sihh jadi saya tetep bisa puas nikmatin semua pemandangan yang ada. oh ya just FYI even keliatannya di Bukit Telletubies (BT) ini panas banget tapi karena ada angin dingin yang berhembus kenyang saya ga terlalu kepanasan disini ya guys...jadi emank kontras banget dengan penampakannya yang super panas...disini juga berhembus angin yang dingin banget jadi saya ga dehidrasi-dehidrasi amat.

keren kan ya....bodo amat panas yang penting indahh

neduh dulu..hahhahaa udah kaya model belum??yang bilang belum mungkin sirik belum kesini..wkwkww..peace bro/sis

ademm bener liatnya

kog ga ada tinky winky dipsy, lala dan pooh ya?where are u guys??

Oh ya pemandangannya juga ga terlalu jauh berbeda dengan spot sebelumnya sihh tapi disini ada bukit-bukitnya yang kaya gundukan gitu jadi cocok banget dinamai BT..nah puas foto-foto disini perjalanan pun saya lanjutkan menuju kawah Bromonya..dan disinilah penderitaan saya dimulai..hahahhaa...beneran dehh saya menderita menuju kawah Bromo karena saya harus make motor matic ditengah gurun debu yang tebal dan apa yang terjadi sama saya?? oke  sebelum saya bilang apa yang terjadi sama saya...sebenernya diperjalanan saya ini juga ada bapak-bapak yang nawarin untuk mengantarkan saya melewati jalan yang bisa dilewati tapi bayarannya juga mahal jadi saya tolak secara halus dan baik-baik..tapi si bapak tetep kekeuh ngikutin saya..sampe saya bilang saya juga ga ada uang...ehh si bapak tetep kekeuh ga mau pergi..akhirnya saya kabur gitu aja...cuek ga ngeliatin si bapak. terus apa yang terjadi sama saya??sabar..coba diliat dulu medan yang harus saya tempuh.

awal-awalnya sihh pasir debunya masih tipis 

masih bisa dijalanin karena belum terlalu tebel

Tuh udah bisa diliat kan gimana tebelnya perjalanan saya...sebenernya udah bukan jalan lagi sihh tepatnya udah harus lewatin gurun, ya gurun pasir yang tebel dan salah saya adalah saya kesini pake motor matic...benerean dehh saya jatuh beberapa kali enggak sakit siihhh secara saya terjatuh ditumpukan pasir...tapi perjuangan saya harus melewati tebalnya gurun pasir membuat saya udah mau nangis..saya langsung takut antara bisa keluar dengan selamat dari gurun pasir ini atau enggak...oh ya just FYI motor kalo jalan diatas pasir itu jatuhnya licin lohh...jd saya harus bener-bener konsentrasi biar terhindar dari pasir-pasir yang meliuk-liukkan motor saya ini.
dan ketika jalan sudah berubah menjadi sebuah gurun pasir

hanya nampak bukit-bukit dari jauh,.jauh banget lagi

nasib motor menderita..maapin saya ya mak....
Yang saya ga abis pikir ini kenapa gurun luas banget yakk...hahhaha....saya udah berdoa dalam kalo kalo saya nanti ga bisa keluar dari gurun ini..saya mohon ampun sama Tuhan dan saya keingetan keluarga saya (beneran takut sayanya) terlebih saya udah ga minum-minum dan tenaga saya udah terkuras abis...dan masalah timbul ketika saya harus bener-bener 'tenggelam' di gurun debu beneran dehhh motor saya mati ga bsa jalan,,gimana mau jalan debunya aja udah setengah nutupin semua mesin motor saya dan saya udah ga tahu mau bilang apa...mana sepi ga ada orang. saya dorong pun motor itu ga bergerak sama sekali...haaa udah ga tahu mau keg mana lagi dan puji tuhan ada motor dengan dua lelaki yang mengendarainya dan mereka mengalami hal serupa dengan saya..(enaknya mereka berdua jadi bisa ada yang bantu ngangkat dan mereka cuma bawa diri, lah saya udah bawa laptop di punggung dan bawa banyak baju di motor). Thanks God mereka pun membantu saya mengangkat motor itu...dan dengan perjuangan yang susah payah akhirnya motor bisa keluar...haaa pengen nangis saya..tapi saya tahu percuma saya nangis tohh ga akan membantu apa-apa..akhirnya saya menyakinkan diri kalo saya pasti bisa melewati semua ini..beneran dehh kapok..hahahhaa.

Puji Tuhan setelah perjuangan yang berat akhirnya saya pun berhasil melewati semua itu. jadi keingetan ama hidup ya,.kadang pasti kita bakalan ketemu ama "gurun" kita masing-masing, kita terjebak dan keabisan daya untuk keluar dari kesulitan tersebut..sampe akhirnya kita pasrah dan Tuhan kasih jalan keluar biar kita bisa berjuang lagi. Jalan keluarnya pun ga mudah, tapi paling ga kita jadi ada sedikit pengalaman cara menanganinya setelah kita melewati setiap pencobaan yang ada. ya hidup ga selamanya jalan mulus, kadang kita juga harus lewat gurun yang bikin kita jatuh-jatuh,  hasilnya tergantung sama kita, kalo mau terus berkubang dengan debu ya kita nyerah aja disitu, tapi kalo kita mau diangkat dan memiliki hidup yang lebih baik maka kita harus mau memperjuangkan hal tersebut.


ketika sepatu udah umpel-umpelan ma pasir debu yang masuk

dan perjalanan masih amat panjang dan tebal (iya tebel banget pasirnya)

berhenti sejenak di spot yang namanya pasir berbisik..menurut saya sihh udah bukan pasir berbisik tapi pasir teriak..lahh wong anginnya kenceng banget

nampak gunung Batok dan gunung Bromo dari kejauhan
Setelah saya keluar dari gurun tersebut, saya yang awalnya mau ke Gunung Bromo pun mengurungkan niat saya. saya merasa sudah tidak ada tenaga, mana beneran dehh ga ada setetespun air masuk, jadi saya bener-bener berjuang naek motor dengan sisa-sisa tenaga yang ada. terus saya mikir,tapi udah jauh-jauh kayak gini...heeemmm saya pikir lagi dan memang saya udah ga punya tenaga,,jadi saya bener-bener udah ga berminat ke gunung Bromo, karena saya berpikir, ya daripada nanti saya kenapa-kenapa di jalan..ini saya bisa keluar aja udah puji Tuhan banget.

Sekeluarnya saya dari kawasan nasional BTS sayapun beristirahat sejenak dan ketika saya sedang istirahat ada bapak- bapak yang mendatangi saya dan menawarkan ojek motor menuju gunung Bromo..waahhh hati saya kembali tergoda..dan bapak tersebut menawarkan harga 50k...dan saya mengiyakan..hahaha....ya saya pikir udahlah keluar duit paling ga saya bisa beneran tahu gunung Bromo itu seperti apa.

Setelah memarkirkan motor dan saya menganti pakaian saya yang penuh dengan pasir setelah membeli sebotol air mineral (yeesssss dapet minum juga) kekuatan saya kembali terisi..ya ga 100% sihh...tapi paling ga saya udah ada tenaga lagi..lagian kan nanti yang bawa motor si bapak saya mahh cuma diem anteng dibonceng...perjalanan pun dimulai masih sama seperti gurun pasir...kami pun susah payah naek motor..(teteup yeeee no pasir no gain) dan setelah berjibaku dengan dengan pasir saya akhirnya sampe di kaki gunung Bromo..dan saya masih harus jalan kaki bawa-bawa laptop dan harus naek tangga yang tinggi untuk bisa ke Kawah Bromo (omaiggaaatttt) penderitaan manalagi yang kau dustakan..

go..go..go...

harus tetep bahagia dong ya...hahahhaa

yeeee....sebentar lagi udah mau sampe puncak 
Jadi dari bawah sampe ke tangga diperlukan waktu kurleb 15 menit lah sambil bawa laptop..kalo ga bawa laptop mungkin lebih cepet lagi..hehhehe..dan saya sendiri suka banget sama pemandagan disini...masih ga percaya kalo ini semua ada di Indonesia. Oh ya kawasan ini juga penuh dengan bule ya..tapi saya ga mau ahh foto sama mereka...mereka aja belum tentu mau foto sama saya..wkwkkwkw...disini juga angin dingin berhembus kencang,,,jadi sebenernya ada fungsinya saya bawa laptop biar ga terbang kebawa angin...wkkwwkkw
pengennya sihh foto ditengah-tengah sambil tapi ga ada yang bisa motoin

yeeee..i'm here...tuuhh kawahh Bromonya
Waktu lagi jalan dari bawah mau ke kawah Bromo sesekali saya mendengar suara gemuruh kayak pesawat gitu...padahal diatas saya ga ada pesawat..wahh saya langsung penasaran banget sebenernya suara itu berasal dari mana..dan rasa penasaran ini yang bikin saya semakin semangat untuk naek ke atas. lalu setelah sampe atas...terjawab sudah rasa kepo saya..ternyata itu suara berasal dari perut bumi...ya kawah yang masih aktif mengeluarkan asap ini..juga mengeluarkan suara besar yang bergermuruh...woow pengalaman seru dan pertama kalinya bagi saya..dan saya merasa bersyukur saya bisa jadi salah satu orang yang bisa jadi saksi kemegahan gunung Bromo.

foto ala-ala apa ini...tak tahulah..oh ya namanya ini gunung Batok ya

masih dengan tongsis cagak tas andalan

apa jadinya kalo abis foto kayak gini...tas saya hilang beserta kamera dan isinya..hahahha

mulut bumi yang suaranya menggelegar
Sayangnya keindahan itu masih tercoreng dengan banyaknya sampah yang berserakan...ya ampun miris banget dehh liat hal ini...harusnya tempat yang indah ini ga dicemari dengan sampah yang ngerusak pemandangan....saya suka bingung sendiri kog ada ya orang buang sampah sembarangan di tempat wisata..hemmmm ga please jangan tiru ya...logikanya gini aja...kita ga mau dong rumah kita dilempari sampah ya sama aja tempat ini juga ada penunggunya yang ga pengen dicemari dengan sampah-sampah..please be wise traveller.

Mungkin segitu dulu kisah saya tentang pengalaman saya ke gunung Bromo..akhirnya kesampean juga ketempat ini...udah tahu sensasi asiknya ngetrip ke Bromo...tapi masih ada banyak hal yang belum bisa saya lakukan sih...saya berharap one day saya bisa kesini sama keluarga saya..bisa nyewa hard top ya gak pake motor lagi,,,biar bisa menikmati sunrise yang indah banget dari sini. so friends apapun impianmu...bermimpi aja...tohh mimpi gratis ini.happy travelling.

nb: info tambahan....
jadi sekeluarnya saya dari sini rambut saya jadi gimbal..hahaha..jadi ngeh deh kenapa rambut anak suku tengger gimbal...ya itu kegnya efek debu campur udara dingin dehh..jadinya rambutnya ngegimbal dan kaku...and did u know?waktu saya keramas sepulang dari sini rambut saya sampe hitam airnya..hahhaa...dua sampo aja ga cukup..dan saya masih merasa kotor...hahahha..ga kebayang kalo saya kesini pas rambut saya masih panjang..berapa sampo yang abis.


You May Also Like

5 komentar

  1. Sumpah, gw menghela nafas berkali-kali baca postingan lu, ini nekat, ngeri, nakutin, pokoknya WAWWWWWW banget, bikin merinding lah pokoke

    BalasHapus
  2. ni aja masih ada cerita yang belum tersampaikan ta,...hahhaaha...ga lagi2 dehh....pokoknya kalo ke bromo mending ramean aja sewa hard top..hehhehe...thx for mampir ya ta...

    BalasHapus
  3. hahahahhaha, gw pengen banget ke sana ya alloh, belum kesampean hiks hiks, ditunggu postingan terbarunya loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ne aja modal nekat pas kesini ta...ya mumpung masih bisa...hehhehee...semoga next kamu ma ak dion segera bisa kesini ya..beneran lebih keren kalo diliat secara langsung..

      Hapus