Kawah Wurung:Bukit Telletubbiesnya Bondowoso

by - 01.42

Haii Guyss!

Masih inget ga tentang pengalaman saya berburu sunset indah dari atas tebing di Pantai Papuma? yupps setelah pulang dari tempat ini keesokan harinya saya prepare mau pergi ke Kawah Ijen..berbekal tanya sama sepupu saya (DELIMA) yang super baik banget dan berjiwa petualang sama keg saya bahkan lebih kali ya..hehhehee sayapun dapet akses yang jelas menuju Kawah Ijen.

Dasar si Delima ini petualang ya...(kayaknya semua tempat di Jawa Timur dah didatengin dehhh,,sayang dia ga ngeblog..) dia kasih saya saran buat berkunjung ke kawah Wurung sekalian kalo mau ke Kawah Ijen..karena kalo dari arah Jember, Kawah Wurung ini searah dengan Kawah Ijen...jadi kayak seolah-olah pembukaanlah ya sebelum ke Kawah Ijen..hehehheee....saya pun langsung gugling sekilas pengen tahu gimana penampakannya dan i think it's keren so i decided to visit it...(dasar aja suka jalan..hehehee...) jadi buat kalian-kalian yang mau ke Kawah Ijen lewat arah Jember emank boleh masukin Kawah Wurung sebagai pembuka...tapi kalo yang dari arah Banyuwangi juga bisa...jadi Kawah Wurung bisa sebagai penutup...hehhehee, why?lets we see...

Guys..apa sih yang terlintas di kepala kalian kalo denger kata-kata Kawah??? ya most of us pasti mikirnya kayak cekungan yang ada airnya warna-warni gitu ya...okayy..cekungannya sih bener..tapi isinya bukan air melainkan rumput ilalang...ya semacam bukit savana gitu...kalo liat postingan saya tentang Gunung Bromo ya ada miripnya sama bagian bukit telletubbiesnya tapi lebih ke versi mininya kali ya...katanya sih arti dari Wurung itu sendiri adalah sesuatu yang gagal atau tidak jadi..jadi (mungkin) kalo disimpulkan kawah wurung semacam perbukitan rumput ilalang yang ga ada airnya (hehheheee).

Kalo akses menuju ke sini sebenernya mudah..kalo dari arah Jember langsung lanjut ke arah Bondowoso terus ikutin aja arah Kawah Ijen..nanti juga ketemu..soalnya ada plang namanya di kanan Jalan...nahh kawah Wurung ini masuk dalam kawasan Perhutani ya...jadi sepanjang perjalanan kita ga akan berasa bosen karena memang bakalan disuguhi pemandangan yang keren abis...apalagi saya si pengabdi pohon..hhhwhww...i don't know why..but i really love to see many trees..hehheee....ya mungkin karena pohon itu lambang kehidupan kali ya...yang bisa jadi peneduh baik dalam hujan maupun panas (apaaan siihhhh!!!).

Nah setelah liat plang di kanan jalan yang bertuliskan "Kawah Wurung" saya nambah semangat dong....saya telusuri dengan sukacita karena jalan masih bagus...tapi ga lama setelah itu...ohhh noooo...saya harus menerjang jalanan tanah berdebu dan berbatu...sebenernya kalo ga bawah barang dan pake motor yang gigian enak kali ya...but saya kan udah bawa banyak barang pake motor yang ga ada giginya..so it's like nightmare for me...huufffttt penuh perjuangan dehhh jalannya nya..yakin dehhh kalo bukan karena sudah melewati yang lebih parah dari ini mungkin saya bakalan balik....hikssss...btw ngomong-ngomong masalah jalan jadi pengen curhat..kenapa ya hampir kebanyakan akses wisata di Indonesia pasti masih dalam kondisi jelekk..kan kasih buat cewek kayak saya, udah bawa motor sendiri, bawa barang banyak pake motor matic (sabar ya 'emak') ahhh sudahlahh mungkin ini yang namanya perjuangan menuju kenikmatan...skiipppp.

Di tengah jalan...udah masuk ne ke daerah perumahan perhutani...wahh jalan udah agak bagusan dikit...layaklah buat dijalanin si 'emak' dan berhubung saya keabisan air minum saya pun beli dulu dipinggir jalan, oh ya sebelumnya saya di jalan juga udah beli nasi bungkus lohh ya....jadi jangan kuatir saya kelaparan...hahahaa (karena makan itu wajib dan ga boleh terlupakan untuk menghadapi kerasnya hidup...a.k.a eloo butuh tenaga banyak kalo bawa motor sendiri..) sembari beli air mineral saya pun bertanya pada mba penjual apakah Kawah Wurung sudah dekat atau belum...dan saya happy pas denger katanya bentar lagi...wooww semangat dong...akhirnya setelah membayar saya pun semangat karena katanya udah mau sampe...dan pasti udah dijalanin...omaigat...emank udah ga jauh lagi sihhh tapi jalanannya yang super parahh bikin itu jadi perjuangan for me....huffttt

Finally seneng banget pas akhirnya bisa sampe....oh ya untungnya disamping jalannya yang jelek viewnya bagus bangett..jadi ganggu konsentrasi pas bawa motor...hahhahaa.....setelah sampe saya pun langsung memarkirkan motor dan bayar 5000rb rupiah dah include tiket masuk dan biaya parkir..nah pas saya sampe sini itu kaloo ga salah pas-pas jam makan siang deh jam 1 an,..so saya putuskan buat isi amunisi dulu...dan saya makan tepat didepannya tulisan gede banget "KAWAH WURUNG".




nah foto ini saya ambil dari lokasi parkir..can you imagine that? dari tempat parkir aja viewnya udah ketjehh gila.

lokasi parkir terindah..iya ga sihh..ngalah2in parkir di gedongan mahh..wkwkkwkw..keliatan ga si emak lagi ngadem gitu....damee bangett dahhh.

keliatan kan jauhnya...oh ya ditengah jalan ini ada kotak sampah lohh...jadi tempatnya bersih.

ini nanjakloh guyss....bukan datar..kalo datar itu bukan topi saya...

Dari lokasi parkir menuju tulisan kawah Wurungnya cukup lumayan lah ya...lumayan olahraga dan berkeringat apalagi udara dan cuaca masih panas-panasnya...jadi saya emank ngos-ngosan pas sampe di depan tulisan kawah Wurungnya..dan tahu ga apa yang paling saya suka dari adanya tulisan ini? ga lain ga bukan saya bisa ngadem...hahahhaa...just simple like that..soalnya angin ga terlalu bertiup disini...jadi emank rasanya hot pisan euyy..nah sesampenya didepan tulisan tersebut langsung deh saya keluarin bekel..hahahaa...kebayang ga makan di padang rumput dengan pemandangan gunung dimana-mana ini..aaahhhh ga bisa dilukiskan dengan kata-kata...hahhaa...ini neh yang bikin saya demen banget travelling..hehhehee..

Selagi saya asikk makan dateng tiga orang pengunjung...satu bapak-bapak dan sepasang turis bule  kasmaran....nah sibapak ramah banget nyapa ngeledekin saya yang lagi santap siang..hahahha saya mah cuek aja..udah laper ini..wkkwkw. Ternyata si bapak guide dari couple turis itu...berhubung bapaknya udah tua mereka nyuruh couple bule buat explore sendiri dan si bapak pun balik arah. setelah  menikmati makan saya dan beristirahat sejenak, ehh couple bule udah balik lagi aja...hahhaa shock saya...cepet amat explorenya apa yang diliat...ahh jangan-jangan ndak bagus ne tempat.

welcome to Kawah Wurung

ahh ne couple bikin gigit jari aja...


ga usah di koment..skipp aja

mba..hidungnya mana mba???

Oh iya pas saya mau naek ke atas selain bule tadi lumayan  banyak lohhh pengunjung lokal lain yang juga berkunjung...kebanyakan sih pasangan atau rombongan dan ga ada yang sendirian kayak saya..(melase jomblo). But it's okayy saya udah sering kog mengalami hal ini...hahhahaa. Kelar makan saya pun ga lupa untuk narsis sejenak di depan iconnya ne...sayang backlight jadi ga terlalu bagus. Saat saya akan melanjutkan perjalanan beberapa pemuda ngeliatin saya...mungkin mereka pikir saya anehh ya..soalnya pesek tapi pake kacamata..hahhaa....

Berhubung memang udah siang jadi kebanyakan foto yang saya ambil jadinya backlight...tapi ndak apa-apalah daripada saya ndak punya foto. Anehnya meskipun panas dan bikin saya males buat jalan-jalan lebih jauh...setelah menelusuri tempat ini lebih lama justru saya cuek sama panasnya cuaca, why? karena beneran dehh tempat ini beautipull abiss...pantesan kemarin jadi salah satu scene di HUTnya MTMA...jadi pas saya tahu MTMA syuting disini setelah saya yang duluan kesiniloh ya...saya merasa bangga sekali..ahahhaa..ahhhh tapi coba pas syuting disini pas saya juga lagi explore juga ya..kan bisa foto bareng babang marshalll....belum jodoh



view dari sini itu beneran ketjeh abiss....pengen banget saya turun ke bawa...tapi apa daya laptop udah bikin capek duluann....

jadi mikir...pantesan dulu telletubbies betah tinggal di tempat beginian ya...hehehhe

Sayangnya (tebak udah berapa kali ya saya pake kata ini...hahahha) karena saya masih pake kamera yang seadanya banget (syukur2 punya) jadi pemandangannya ga sebagus aselinya (ehhh sebenernya kebanyakan memang foto yang saya ambil masih kalah bagus ama aselinya...mungkin itu yang bikin kalian semua harus dateng sendiri ke tempat wisata yang bersangkutan kali ya). Oh iya pas saya menjelajahi lebih keatas ternyata ada rombongan yang abis bongkar dumb, wahh seru kali ya bisa camping bareng temen-temen disini,.ga kebayang serunya gimana.



model on action

ahhhh pasangan mana pasangan


Saking luasnya tempat ini...saya ga bisa explore semua tempat ya....bahkan saya ga turun ke bawah kawahnya yang dipenuhi ilalang..secara di satu spot aja saya bisa lama banget...hahaa...selain menikmati keindahannya saya juga perlu waktu lama buat ngumpulin foto-foto seru bak model profesional..wkkwkwkkw...dan beneran dehh butuh perjuangan keras buat bisa dapet foto-foto ini...tapi tenang guys...justru hal ini membuktikan bahwa kalian ga perlu takut buat travelling sendirian..tapi kalo bisa berdua emank lebih baik sih...hehhehe. dari foto-foto yang saya aplod ketebak dong yang jadi fave spot ...hahahha...yupsss disini foto paling banyak dihasilkan..hahahaa....ini jauh loh jarak lari menuju pohon tumbang dan waktu yang saya habiskan ga boleh lebih dari 10 detik..hahaha




Berhubung waktu sudah semakin sore dan saya belum tahu jarak yang saya harus tempat untuk sampe ke kawah Ijen dan mengingat jeleknya jalan yang harus saya lewati jugaan inget kalo saya ini hanyalah cewe jadi-jadian biasa so i decided to come back..tapi sebelum balik saya pun naek menara pandang dulu....pengen tahu menara pandangnya gimana tingginya...ahh ga usah saya kasih tahu fotonya dehh nanti kalian meragukan kewanitaan saya lagi..hahhaha...dari menara ini kita bisa menikmati keindahan semua gunung yang mengelilingi kawah Wurung...dan beneran dehh ini indah sekali...saya bayangin apalagi pas sunset ya...tuhh ga liat matahari udah mau turun aja...ahhh sayang cuma bisa bayangin aja...

foto dari atas menara pandang



Akhirnya selesai dehh petualangan menjelajahi kawah Wurung...ohh ya hape batunya tinggal setengahh tuhh..langsung saya matiin dehhh karena masih harus untuk foto-foto di kawah Ijen (nasib ga punya mirrorless), dalam perjalanan balik sayapun harus bertemu lagi dengan jalanan yang jelek tapi gpplah sebanding dengan apa yang saya dapat.

Oh ya sebelum mengakhiri cerita ini...(ciyyeeee)....saya mau kasih tahu...pas saya disini saya berasa kayak bukan di Indonesia....ne alam bener-bener asing bagi saya...dari situ saya semakin penasaran untuk menjelajahi bumi tercinta Indonesia Raya...beneran dehh ada banyak hal yang masih saya belum tahu dari Indonesia...ahhh semoga beneran bisa terwujud keliling Indonesia apalagi sama orang tersayang. Amin

with love,
Melati Raya Sihotang

You May Also Like

0 komentar